07 Februari 2009

Celengan

Bang bing bung yukk kita nabung...

Waktu jaman kecilnya mama dulu, Uti sama Akung-nya mas Angga selalu mengajarkan mama untuk hemat dan rajin menabung. Maka dibelikanlah celengan kendi yang terbuat dari tanah liat. Tiap hari mama harus menyisihkan uang jajan buat dimasukkan di celengan itu. Lha kalo sudah penuh, dipecah deh trus dihitung bareng-bareng. Seru rasanya waktu itu (waktu mecah celengan sama ngitung uangnya, tapi kalo pas ngumpulin uangnya, waduhh lamaa deh rasanya).



Nah, jaman sekarang ini, celengan sudah lebih modern. Kalo dulu bahannya dari tanah liat, sekarang sudah ada plastik, logam (kaleng) dan bahan daur ulang yang bentuk dan modelnya bermacam-macam. Mulai dari model kaleng biasa dengan aneka gambar tokoh kesukaan anak-anak, sampek bentuk tiga dimensinya pun ada.



Mas Angga juga sudah diajarin mama menabung nih. Celengan di rumah selalu diisi uang recehan yang sudah dikumpulin mama. Bukan masalah besar kecilnya nominal uang itu, tapi semangat untuk menabung yang mesti ditanamkan sejak dini. Selamat menabung yaa...


Tidak ada komentar: